Kamis, 13 November 2014

CERPEN - MONA LISA




Cahaya matahari begitu bersinar pagi ini, Lisa siswi SMA yang sedang terburu-buru ke sekolah terlihat begitu bersemangat tetapi baru di gerbang sekolah terlihat mobil mewah terparkir dan tak beberapa lama kemudian seorang gadis turun sambil dipapah kemudian didudukkan di kursi roda, sambil tersenyum Lisa menghampirinya “Mona” sapa Lisa dan gadis bernama Mona itu memegang tangan Lisa “biar Lisa saja yang mendorongku” ucap Mona pada pengasuhnya.
Mereka berdua melewati lorong sekolah menuju ke kelas, sepanjang perjalanan mereka menjadi bahan tontonan, Lisa dan Mona memang sudah lama bersahabat sejak kecil namun, keadaan Mona yang lumpuh karena sebuah kecelakaan tak membuat persahabatan mereka luntur bahkan Lisa senantiasa menemaninya. Di sekolah hampir dikatakan mereka selalu bersama bahkan mereka satu kelas, layaknya saudara kandung karena Mona sendiri memang anak tunggal sedangkan Lisa mempunyai seorang kakak tiri yang tidak tinggal bersamanya yang bahkan belum pernah Mona lihat. Setiap akhir pekan mereka saling mengunjungi, bermain dan belajar bersama, namun akhir-akhir ini Mona merasa aneh dengan sikap Lisa, bila Ia ke rumah Lisa saat akhir pekan Ia selalu tidak dapat menemui Lisa, ketika Mona mencoba mengkonfirmasinya Lisa mengungkapkan berbagai alasan.
Suatu hari saat pulang sekolah Lisa dan Mona berjalan-jalan di halaman belakang sekolah, nampak seorang pemuda yang merupakan kakak kelas mereka bernama Willy untuk waktu yang lama Mona tak berhenti menatap pemuda itu. Willy memang terlihat jarang berada di sekolah karena terkenal dengan kenakalannya dan sering bolos tetapi anehnya selalu mendapat nilai tertinggi di ujian.
“tunggu..” ucap Mona saat Willy melewatinya
“ada apa?” ucap Willy datar
“ohh tidak..” gugup Mona dan Willy dengan cueknya terus berjalan.
Sejak pertemuan itu Mona selalu tampak ceria dan sering mengunjugi halaman belakang sekolah, disana Ia pun akhirnya bisa mengobrol dengan Willy, melihat itu Lisa sangat senang karena Mona yang selama ini Ia kenal tidak begitu ceria sejak Ia lumpuh, Lisa pun juga hanya mengamati dari kejauhan menurutnya jika Mona bahagia maka Ia juga bahagia bahkan Ia tak ingin Mona sedih suatu hari nanti.
Mona akhir-akhir ini sibuk dengan pertemuannya dengan Willy sedangkan Ia tak pernah melihat Lisa kecuali dalam kelas, merasa bersalah dengan sikapnya sendiri Mona memutuskan mencari Lisa dan setelah mencari kemana-mana kini Ia harus dihadapkan apa yang dilihatnya Lisa sedang memeluk Willy namun isak tangis Mona ternyata terdengar oleh Willy dan Lisa “Mona.. itu.. gak..” belum sempat Lisa menjelaskan Mona telah pergi namun, karena terlalu sedih Ia tak tahu harus kemana dan keluar dari sekolah tetapi Mona malah tertabrak di jalan dan dilarikan ke rumah sakit.
Untuk beberapa hari Mona mengalami koma dan setelah Ia sadar Ia melihat keluarganya dan Willy “untuk apa kau ke sini?” Tanya Mona sinis kepada Willy
“lihat ini..” Willy memberinya cermin
“apa maksudmu? wajahku tak apa-apa..” ucap Mona sambil bercermin
“Mata.. dan ini dia titipkan untukmu” ucap Willy keluar meninggalkan Mona dan keluarganya.
‘Hai Mona.. apa kamu baik-baik saja? Kuharap begitu, aku minta maaf atas semuanya bahkan untuk kenangan buruk yang kau lihat sebelum kecelakaan itu. Aku harap kau tak salah paham atas diriku dan Willy, dia itu kakak tiriku yang belum pernah kau lihat. Aku hanya menyesal tak dapat menemuimu namun aku dapat melihat dunia bersamamu. Salam Lisa’ tulis Lisa dalam sepucuk surat itu, Mona menangis sambil membacanya dan mengetahui bahwa Lisa selama ini mengidap sakit kanker dan selalu pergi berobat saat akhir pekan dan mata yang Ia pakai saat ini adalah milik Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar